Minggu, 22 Agustus 2010

Tergila-gila sama kekasihnya

Bismillaahirrohmaanirrohiim...



Cinta adalah sesuatu yang banyak dicari. Mencintai sesuatuatau seseorang begitu menyenangkan, apalagi jika dicintai. Tapi jatuh cintakepada sesuatu atau seseorang bisa juga mendatangkan madharat (bahaya).

Jatuh cinta kepada lawan jenis bisa membuat diri kita terkena mabuk cinta.Mabuk adalah suatu keadaan yang bisa membuat penderitanya lupa ingatanatau tak sadar dan tindak-tanduknya bisa menjadi tidak terkontrol. Mabukcinta bisa membuat orang hilang akal seperti ini.

Apa Saja Sebab yang Membuat Mabuk Cinta?


@ IMAN SEDANG LEMAH--->>> Saat iman sedang kuat, hubungan dengan Allah pun lebih dekat. Yangdemikian ini akan menghasilkan penjagaan dari Allah. Orang yang dekatdengan Allah tidak akan dibiarkan sendirian menghadai musuhnya. Allah akanmemberi petunjuk kepada orang yang imannya kuat dalam menghadapi godaansetan.

--->>> Beda halnya jika iman sedang lemah, Allah membiarkan orang yangimannya lemah tersebut sendirian dalam menghadapi godaan setan.Maka, pada saat iman lemah, godaan pun ditelan. Saat rasatertarik pada lawan jenis menerpa, orang tersebut tidak mampu berbuat apa-apa. Pandangan tak terkendali. Angan-angan tak terawasi. Jadilah mabuk cinta melanda.

--->>> Iman yang lemah disebabkan karena kurangnya ketaatan danbanyaknya kemaksiatan yang dilakukan. Memperkuat iman tentu saja dilakukandengan memperbanyak ketaatan dan mengurangi kemaksiatan. Allah akanmenunjuki orang-orang yang berusaha dengan sungguh-sungguh menaati-Nya.



@ BANYAK MEMANDANG--->>> Pandangan adalah awal dari cobaan. Pandangan sekejap adalah tak mengapa. Pandangan yang diikuti pandangan berikutnya itulah yangbermasalah. Kebanyakan, dari pandanganlah rasa ketertarikan kepada lawanjenis dimulai. Dari pandanganlah kegelisahan rindu dan mabukcinta melanda. Karena itu Allah dalam firman-Nya, QS. An-Nür: 30-31, telah memerintahkan kita untuk menjaga pandangan.



@ BANYAK BERTEMU--->>> Dari pandangan, datanglah rasa tertarik, kemudian lahirlah pertemuan.Pertemuan bisa terjadi di tempat percampuran laki-laki dan wanita, bisa pulaberupa khalwat atau berdua-duaan.

--->>> Pertemuan membuka godaan dan menyimpan potensi yang lebih besar bagi munculnya mabuk cinta. Pertemuan laksana candu. Setelah pertemuanpertama, hati menjadi rindu dan menuntut pertemuan kedua. Setelahpertemuan kedua, hati menjadi bertambah gelisah dan rindu lalu memintapertemuan ketiga. Begitulah seterusnya hingga jiwa menjadi mabuk cinta danhati menjadi sakit. Karena pengaruhnya yang begitu buruk terhadap jiwa,Allah telah melarang percampuran antara laki-laki dan perempuan sertamelarang laki-laki dan perempuan berkhalwat (berduaan tanpa mahram).



@ CERITA-CERITA--->>> Cerita-cerita cinta mungkin bukan merupakan penyebab utama mabukcinta. Namun, pada orang yang sedang jatuh cinta, cerita-cerita cintamerupakan pendukung besar munculnya rasa mabuk cinta. Isinya yangbergema cinta semakin menambah mudharat orang yang sedang jatuh cinta.Maka pembaca menjadi ingin bertemu dengan kekasihnya.

Itulah beberapa hal potensial yang menyebabkan seseorang terkena panahcinta dan kemudian mabuk karenanya. Sesuatu yang menghilangkan akalharuslah dijauhi. Menjauhi mabuk cinta adalah dengan menjauhi penyebab-penyebabnya, sehingga cinta tertinggi dipersembahkan untuk Allah ta'ala.

-Abu Hibban-

Terapi Agar Cinta Tak Berbuntut Dosa:



@ IKHLAS HANYA KEPADA-"NYA"--->>> Ini menjadi penawar paling manjur. Apabila seseorang telah benar-benar ikhlas dan menghadapkan wajahnya hanya kepada Allah, niscaya Allahmenolongnya dengan kelemahlembutan-Nya dan dengan cara yang tidakterlintas dalam benaknya.

--->>> Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah mengatakan, "Sebenarnya jika hati telah merasakan manisnya ibadah kepada Allah dan ikhlas kepada-Nya, maka tiadayang lebih manis, lebih indah, lebih nikmat, dan lebih baik darinya. Ketikahamba telah berlaku ikhlas kepada Allah, maka Allah akan memilihnya,menghidupkan hatinya, dan memalingkan dari segala keburukan dan kekejian.Sebagaimana firman-Nya, Demikianlah, agar Kami memalingkan daripadanyakemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hambaKami yang terpilih. (QS. Yüsüf: 24)"



@ B E R D O A--->>> Merendahkan diri di hadapan Allah. Menyerahkan diri secara tulus dan memohon kepada-Nya dengan segala kerendahan. Yakinlah, dengan doa,penyakit ini akan sirna/sembuh.

@ GHADHUL BASHAR (MENAHAN/MENUNDUKKAN PANDANGAN)--->>> Menahan pandangan akan melahirkan ketentraman jiwa. Jika seseorangmenahan pandangannya, secara otomatis hati turut menahan syahwat sertakeinginannya.



@ MENJAUH DARI ORANG YANG DICINTAI--->>> Karena memisahkan diri dari orang yang dicintai akan mengusir bayangannya dari dalam hati.



@ M E N I K A H--->>> Walau bukan dengan orang yang dicintai, namun pernikahan telah mencukupi sebagai peredam segalanya. Penuh berkah dan solusi jitu.

@ MENYIBUKKAN DIRI DENGAN HAL-HAL BERMANFAAT--->>> Karena pada umumnya penyebab penyakit asmara ini adalah karena kosongnya hati.



@ SELALU MENGHADIRI MAJELIS ILMU--->>> Duduk dengan orang-orang zuhud dan mendengarkan hikmah dari orang-orang shalih.



@ KONSISTEN MENJAGA KESEMPURNAAN SHALAT--->>> Termasuk menjaga kewajiban-kewajiban shalat, baik berupa kekhusyu'an dan kesempurnaannya secara lahir dan batin.



@ MEMELIHARA KEMULIAAN, KEHORMATAN, DAN KESUCIAN DIRI--->>> Dengannya, seseorang akan terjauh dari segala perkara yang dapat meruntuhkan harga diri dan martabatnya.



@ BANYAK MERENUNGI, BETAPA BANYAK HAL-HAL BERMANFAAT YANG LUPUT HANYA KARENA SIBUK DENGAN CINTA SEPERTI INI.

Tergila-gila pada kekasih, hanya akan mendatangkan

kehinaan, menghilangkan kemuliaan, menjatuhkan dan merendahkankedudukan. Seseorang yang sedang kasmaran dan dimabuk cinta tak ada jalanlain kecuali kembali pada syariat yang penuh dengan kesempurnaan.

Jangan sampai cinta semu yang dihinakan, memupus seluruh kebaikan yangmestinya dapat diupayakan. Hanya kepada Allah-lah kita mohon pertolongandan perlindungan. Allaahu waliyyut Taufiq.

-Khalda-

Disadur dari Majalah Elfata No.9, Vol.06, 2006.

1 komentar:

VINA mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review